Klik Beli
News

Makanan yang Harus Dipantang Penderita Batu Empedu

1 September 2012

Mengetahui makanan yang harus dihindari akan mengurangi rasa tidak nyaman dan dapat mencegah pembentukan batu empedu baru. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita batu empedu:

1. Telur
Dokter merekomendasikan mengurangi atau menghindari telur bagi penderita batu empedu karena tingkat tinggi kolesterol dan kemungkinan hubungan antara kondisi kantong empedu dan alergi makanan. Konsumsi telur memicu serangan kantong empedu dalam persentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi.

2. Daging berlemak
Makan daging yang berlemak dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan. Ganti daging berlemak dengan sumber prorein daging tanpa lemak seperti ikan air dingin, ayam atau kalkun. Saat mempersiapkan unggas, selalu buang kulit dan lemak untuk menghindari iritasi batu empedu.

3. Makanan yang digoreng
Gorengan juga jadi pantangan bagi orang dengan batu empedu, karena terkenal dengan kandungan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit batu empedu dan ketidaknyamanan. Hindari memasak dengan minyak sayur padat, margarin dan lemak hewani. Gunakan minyak zaitun atau canola sebagai alternatif sehat untuk menggoreng.

4. Makanan olahan
Asam lemak trans biasanya banyak terdapat pada makanan kemasan dan olahan, yang cenderung dapat menginduksi gejala-gejala batu empedu, menurut University of Maryland Medical Center.

5. Makanan berbahan halus
Pasien dengan penyakit batu empedu harus menahan diri dari makan makanan yang mengandung bahan halus, seperti roti putih, pasta tepung halus, beras putih dan gula rafinasi yang dikonversi ke dalam lemak yang tersimpan, yang mungkin menyebabkan peningkatan kolesterol dalam empedu. Tetaplah pada makanan yang tidak dimurnikan seperti roti gandum, pasta gandum dan beras merah.

6. Produk susu tinggi lemak
Seluruh produk susu lemak menimbulkan risiko bagi orang yang didiagnosis dengan batu empedu. Susu, keju, yoghurt, es krim, krim kental dan asam krim mengandung kadar tinggi lemak hewani, yang berhubungan untuk komplikasi kantong empedu.



Baca juga
  » 21 November 2013
Makan Buah, Sebelum atau Sesudah Makan Besar?
Buah-buahan kaya akan serat dan berbagai macam vitamin. Namun tidak banyak orang yang tahu kapan waktu makan buah yang benar, sebelum ataukah sesudah makan?

  » 2 November 2012
Kacang, Sahabat Empedu
Para peneliti dari Harvard Medical School mengatakan, lemak baik seperti monosaturated dan polyunsaturated pada kacang mampu membantu kita untuk mengontrol kolesterol dalam darah, mencegah terjadinya batu empedu

  » 2 Oktober 2012
Tidur Miring ke kanan
Tidur miring ke kanan memiliki manfaat medis sangat baik untuk semua orang secara umum, tanpa terkecuali untuk penderita batu empedu.

  » 21 Agustus 2012
Cegah Batu Empedu, Ini Dia Caranya!
KOMPAS.com - Banyak upaya pencegahan dan penyembuhan penyakit batu empedu. Di antaranya adalah menjaga berat badan agar tetap normal, menurunkan kolesterol, dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

  » 18 Juli 2012
Jangan Sampai Cairan Empedu Jadi Batu
Anda sering merasakan nyeri di sekitar perut? Jika iya, boleh jadi, Anda tengah mengidap penyakit batu empedu. Penyakit batu empedu adalah mengendapnya kolesterol yang mengeras di dalam kantung empedu atau saluran kantung empedu manusia.